Kurt

Saya mengenal Kurt Cobain dan band-nya Nirvana saat duduk di bangku SMP. Berarti sekitar tahun 2000an.

Saya tahu dan mulai mendengarkan musik serta mencoba memainkan beberapa lagunya dengan gitar, dari teman yang dulu ngekos di rumah saya.

Mulai dari chord yang gampang di lagu “About a Girl” hingga chord yang sulit sehingga saya tak bisa memainkannya. Tapi, konon katanya, walau bagi saya sulit, namun banyak yang bilang kalau Kurt adalah spesialis pembuat lagu dengan nada dan chord yang simpel.

Namun dibalik itu semua tersimpan ‘sebuah muatan lirik dan kemarahan, frustasi serta jeritan seorang monster yang siap memangsa.’

Kurt, dalam berbagai ulasan, adalah seorang penderita frustasi akut dan kesepian. Rasa benci dan frustasinya itu yang kemudian ia lampiaskan dalam dunia musik yang keras. Dan mungkin hal itu juga terlihat dari konsernya yang selalu diakhiri dengan perusakan gitar dan alat musik lainnya. Tapi walau begitu, ia tetap berhasil meraih ketenaran dan kekayaan.

Saya mesti berterima kasih pada Kurt. Berkat memainkan salah satu lagu yang saya dengar darinya, saya bisa lulus ujian seni musik dengan nilai yang cukup memuaskan.

Duduk di depan kelas sambil memegang gitar pinjaman, lalu menyanyikan “Where did you sleep last night” dengan suara nyempreng. Tapi kata temen-temen, penampilan saya waktu itu bagus kok; mendapat pujian.

Kemarin, 20 Februari, ternyata merupakan hari kelahiran Kurt Cobain. Setelah menghasilkan lagu yang legendaris, kontroversi yang tak habis-habis, Kurt pada 8 April 1994 ditemukan telah tewas di rumahnya.

Sebutir peluru menembus kepalanya dan membuatnya mati seketika. Meninggalkan lagu-lagu yang masih bisa kita dengarkan di Spotify gratisan, potongan konsernya di Youtube, dan teori konspirasi yang masih asyik untuk diobrolkan; apakah ia dibunuh atau bunuh diri?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s